Saturday 18 May 2019

Menimba Ilmu Di Bulan Yang Penuh Berkah




 


Untuk meningkatkan profesionalisme guru dibidang IT Tim TP2G PGRI Kabupaten Lumajang mengadakan  PIT6, yang diselenggarakan pada hari sabtu tanggal  18 mei 2019 oleh TIM Pengembang Profesi Guru (TP2G) PGRI Kabupaten Lumajang,yang bertempat di SMK PGRI Lumajang. Dimana pematerinya adalah guru guru profesional  yang ada di kabupaten Lumajang. Walaupun dalam keadaan berpuasa kita semangat untuk mengikuti  pelatihan.
Kegiatan PIT pertama adalah laporan panitia penyelenggara , setelah itu sambutan  yang dibuka oleh Bapak Ketua PGRI  Kabupaten Lumajang Bapak H. Winadi, S.Pd. M.Pd, dan para  pemateri  PIT 6, terus doa.
Setelah selesai pembukaan peserta PIT6  menuju ruang lab komputer untuk menerima materi . Materi pertama adalah Motivasi Pembelajaran Berbasis Web oleh Bapak Umar Tholib. Dalam materi diajarkan bagaimana cara membuat Blog.
Manfaat dari Nge blog adalah 1. Sebagai sumber belajar, 2. Sebagai wadah interaksi guru dengan wali murid secara online, 3. Untuk menyimpan data kita, 4. Membantu orang lain dengan melalui tulisan, 5. Mendapatkan banyak kawan baru, 6. Membuka mata dunia tentang daerah kita.
Setelah istirahat dan sholat dhuhur dilanjutkan dengan materi ke dua yaitu : Membangun Web Pembelajaran  oleh Bapak Subakri dan Bapak Umar Tholib, tentang Pembelajaran e-Tematik       langkah-langkah  pembelajarannya dengan : 1. Membaca /penjelasan guru, 2. Produksi/diskusi kelompok, 3. Berbagi / Upload.
Peserta diajarkan cara membuat blogger, untuk membuat blogger  kita harus membuat akun dulu beserta paswordnya. Untuk membedakan alamatnya diberikan tanda penghubung.                           Kalau ada tanda merah di blog berarti sudah ada yang buat sebelumnya .
Materi  ke tiga adalah : tentang Membangun Web Pembelajaran Berbayar oleh : Bapak Enjang Bayu Icaranya sama dengan membuat ngeblog yaitu membuat akun dulu setelah mendaftar.  Terakhir pretest.

No comments:

Post a Comment