Sunday 19 May 2019

LITERASI ITU ASYIK


Tugas PIT 6  (2)
Membaca merupakan sumber ilmu karena dengan membaca kita bisa mendapatkan atau mengetahui berbagai informasi tentang apa saja baik pendidikan, kebudayan dan lain sebagainya. Pada masa kini minat membaca mulai memudar karena adanya berbagai teknologi canggih seperti gadget, para anak-anak cenderung lebih menyukai gadget dibandingkan membaca buku. Pada masa kini perpustakaan sudah tidak lagi di minati oleh anak-anak karena mereka lebih kecanduan pada HP untuk bermain game online dari pada membaca, utamanya pada daerah kota yang memiliki fasilitas begitu memadai terutama bagi mereka yang orang tuanya sibuk bekerja.
Saat ini gadget sudah merambat ke desa, dimana amak-anak desa sekarang lebih senang  bermain game di hp daripada belajar atau membaca buku pelajaran. Jika sekolah di kota mungkin fasilitas lebih lengkap seperti perpustakaan, namun sekolah  di desa  hanya sekolah dasar tertentu yang memiliki perpustakaan yang lengkap dan baik sehingga anal-anak cenderung lebih senang bermain waktu istirahat. Kalaupun ada tugas di sekolah mereka cenderung lupa mengerjakannya dirumah karena mereka lebih suka bermain daripada  mengerjakan  tugas dari sekolah.
Alhamdulillah dengan adanya sitem literasi yang mulai diterapkan sebagai pembelajaran di sekolah pelan-pelan kita mulai bisa menggiring anak didik untuk gemar membaca, dengan cara 15 menit sebelum pembelajaran dimulai anak-anak di haruskan membaca.
Awal mengajarkan literasi sebaiknya menggunakan buku-buku cerita yang membuat mereka asik untuk membaca maka perlahan tapi pasti siswa akan menjadi gemar membaca.
Insyaallah anak-anak akan menyukainya walaupun hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena anak-anak sudah kecanduan akan gadget. Sebagia guru kita harus tetap semangat.

No comments:

Post a Comment